18
Jun
09

Susu Fermentasi atau Susu Basi yah?

Sebagai seorang anak cowo dan sebagai seorang anak kos, gw termasuk yang males beres2 kamar. Suatu malam gw bikin susu dan gak abis, udah gitu gak langsung gw cuci. Gw langsung tidur dan besok paginya udah kekampus lagi sampe malem, pulang kuliah langsung tidur (belom gw cuci juga), besok paginya juga langsung kekampus lagi. Jadi udah 2 hari tuh susu gw cuekin.

Pas malem gw pulang kekosan, ada bau2 asem gitu. Ternyata bau asem tadi berasal dari susu yang udah berubah wujud. Gw baru tau kalo susu yang gak diapa2ain selama 2 hari bisa jadi kenyal kayak agar2, trus baunya itu kayak Yogurt. mmm.. yummy!! susu basi padahal :p

Gw sempet berpikir buat nyobain, soalnya baunya harum gitu (susu yang gw bikin campuran dari dancow, milo, dan cocoa). Tapi… daripada gw “game over”, mending ga usah deh.

Gw jadi penasaran tentang susu fermentasi, jadi gw cari tau deh. Ternyata susu fermentasi udah diatur bakterinya (antara lain Lactobasillus, L. Bulgacirus,  dan streptococcus thermophilus) dengan proses yang sangat steril. Beda dengan susu basi, bakteri-bakteri kriminal yang bisa bikin kita sakit bisa masuk dengan leluasa dan ikut dalam proses fermentasi (thanx buat Adisa yang ngasi info ini). Untung blom sempet gw cobain tuh “Yogurt ala Salgadd”. Kalo gw cobain…


5 Responses to “Susu Fermentasi atau Susu Basi yah?”


  1. 23 Juni 2009 pukul 1:29 am

    kirain mo nekat bro… gw dah siap2 tuh panggil ambulance🙂
    ngomong2 cara bikin yogurt gmn ya??

  2. 23 Juni 2009 pukul 8:31 pm

    Selamat ya, dengan setulus hati saya berikan Award untuk anda. Silahkan kunjungi blog saya. Smoga ini akan menjadi pemicu untuk terus berkarya🙂

  3. 13 Desember 2009 pukul 6:22 pm

    haha… ada2 aja…
    gw lagi nyari bahan tugas tentang mikroorganisme yang ada pada susu basi, eh….. malah ktawa2 sendiri baca tulisan lo..
    thanks yua..
    tapi untung lo gag nyoba2.. heheh…


Tinggalkan Balasan

Salgadd's

Kategori

Koleksi Tulisan2 gw


