01
Jun
09

Setahun jadi pengajar Java

Selama dua semester atau bisa dibilang hampir setahun gw mengabdikan diri jadi pengajar Java di BNCC (Bina Nusantara Computer Club). Mungkin setahun terdengar sebentar, tapi bagi gw, itu merupakan perjalanan panjang yang penuh lika-liku (halah.. tambahin laki-laki :p). Mungkin biasa aja yah jadi pengajar, tapi yang gak biasa disini adalah gw ngajar gak dibayar, tiga kali seminggu, tapi gw enjoy aja (walau kadang rasa males melanda).

Terus terang, gw baru kenal dunia programming tuh pas kuliah dan gw langsung tertarik. Hampir setiap hari kerjaan gw bikin program. Kebanyakan program permainan simpel, seperti snake, bola pantul, battle (cuma text doang :p), dll. Karena BiNus belum ngasih Java (bahkan sampe semester 4 dan saat itu gw semester 2), maka gw memberanikan diri untuk daftar jadi pengajar Java dengan harapan bisa ngerti duluan (modal gw cuma bahasa C). Ternyata gw diterima. Gw ikut training dan dari situ gw belajar untuk nyari bahan sendiri dari internet atau buku2 referensi.

Karena gw gak punya dasar Java sama sekali, agak keteteran juga pas training. Gw sampe menghabiskan malam buat browsing di internet dan baca buku2 yang gw pinjem dari temen (Bimo, anak UI) maupun beli di Gramed biar bisa ngerjain tugas2 di training yang (bagi gw) gila2an susahnya (pernah disuruh bikin game Sokoban (game dorong2 box gitu buat dirapiin). Tapi tampilannya aja gw masih bingung, boro2 bikin gamenya :p).

Bahan ajaran Java yang gw berikan termasuk yang paling dasar, misalnya pengenalan syntax, layout, action listener, sampai konek ke database. Pas hari pertama ngajar, murid yang dateng lumayan banyak (sampe 12 orang). Gw cukup gugup dan panik, tapi untunglah bisa tertangani dengan baik. Makin lama gw makin terbiasa dan mulai ngajar dengan sedikit dibumbui jayus2 (penting banget tuh rada jayus pas ngajar, syukur kalo lucu beneran).

Banyak banget manfaat yang gw dapet dari ngajar Java di BNCC, diantaranya:

  • Gw jadi ngerti Java, walaupun belum dapet dikampus.
  • Ngelatih public speaking karena 3x seminggu gw ngomong didepan orang.
  • Ngasih gw gambaran tentang bermacam2 karakter orang dalam belajar (jadi lebih menghargai guru/dosen, karena gw dalam posisi mereka).
  • Gw jadi banyak temen dan dikenal orang.
  • Punya tanggung jawab terhadap murid, jadi gw mau nggak mau harus nyiapin materi tiap minggu. Gw jadi belajar lagi deh.
  • Game yang gw bikin levelnya meningkat (gw dah bikin Sudoku, Halma, dan Sokoban).

Terakhir, kenapa gw mau aja ngajar? Padahal gak dibayar? Tiga kali seminggu lagi!!
Jawabannya simpel aja deh, gw senang berbagi ilmu, itu saja. Seperti kata Phil Collins di lagunya “Son of Man”, dia bilang gini, “in learning you will teach, and in teaching you will learn”. Itulah alasan gw.

Secara keseluruhan, ngajar itu asik. Kalo diberi kesempatan, gw pengen ngajar lagi, tapi dilevel berbeda.


8 Responses to “Setahun jadi pengajar Java”


  1. 1 Juni 2009 pukul 11:23 pm

    Wkwkwkwk… mbok saya diajarin… saya ini nggak ada bahasa pemrograman yang saya pahami. Pengin belajar tapi nggak ada yang ngajari…

  2. 13 Juni 2009 pukul 12:09 am

    -mantap mas.
    -benar kan banyak manfaatnya kalau kita jadi pengajar atau guru.
    -saya juga pernah mengajar tetapi dilingkungan serdadu.Setiap pergi kemana-mana ada saja ketemu mantap murid,bahkan sekarang sudah ada yang pangkatnya kolonel.
    -Walau nggak dibayar tetapi kan ada keuntungan lain seperti yang mas Lingga sebutkan diatas.
    -Boleh tukaran link kan.
    -selamat berkarya dan sukses
    -salam hangat

  3. 5 Nesco
    28 Oktober 2009 pukul 12:40 am

    Mantap Sal…

  4. 6 andry
    17 November 2009 pukul 8:01 pm

    wedew rupany yg ajarin g wkt itu amatiran..wkwk
    keren”, g salah satu muridmu kk.hehe

  5. 8 SKY
    29 Maret 2010 pukul 11:50 am

    kk saya lagi butuh nih programer java yang bisa bikin program desktop yang bisa drag n drop GUI
    HUB saya ya di email whitesafir@yahoo.com


Tinggalkan Balasan

Salgadd's

Kategori

Koleksi Tulisan2 gw


